Wednesday, October 7, 2009

INTERNET MENGUBAH CARA BERBISNIS

Online Marketing Makin Marak

Beberapa kasus di Amerika telah membuktikan bahwa internet atau online marketing telah mengubah cara berbisnis masyarakat saat ini. Era keemasan TV mulai tersaingi oleh online marketing ini. Online marketing saat ini telah mengalami evolusi. Tingkat kepercayaan dan hasil-hasil yang bisa diukur semakin lebih baik.Kepercayaan masyarakat juga mengalami peningkatan, dan beberapa survey yang dilakukan oleh beberapa perusahaan seperti Dr. Pepper Coke, McDonalds, Reebok, dan Sony, melaporkan bahwa belanja di media online semakin meningkat.
     Online marketing bukan lagi dianggap bisnis main-main. Forrester Reserach melaporkan bahwa belanja iklan global data tahun 2004 telah mencapai lebih dari US$ 33 miliar. Email marketing sendiri telah mengalami peningkatan dari US$ 2.1 miliar diathun 2003 menjadi US$ 6.1 miliar ditahun 2008.
     Saat ini, semakin banyak perusahaan yang memanfaatkan teknologi internet untuk menjalankan prokram-program promosinya secara agresif. IT Marketing Trends juga telah mensurvey bahwa lebih dari 45% marketing dibidang teknologi pada tahun 2004 akan dibelanjakan di online.
     Mungkin diantara kita masih ada yang ingat, ketika dulu pertama kali kita menerima program-program promosi berupa e-mail dengan file attachment e-clip. Kini, banyak perusahaan yang telah menggunakan SMS sebagai media promosi mereka, misalnya McDonalds. Ternyata, hasilnyapun diluar dugaan. Bisnis mereka meningkat secara eksponensial. Hal itu disebabkan semaikin baiknya tingkat efeisensi dalam hal biaya jika dibandingkan dengan kanal media lain yang non internet. Mengapa online marketing melalui viral marketing bisa berhasil?. Salah satunya adalah karena sifatnya yang natural dan sosial. Umumnya orang lebih percaya kepada rekomendasi orang yang dii percaya daripada iklan di surat kabar, radio atau televisi.

Konsep yang unik

Viral marketing adalah konsep baru wirausaha yang unik. anda tidak perlu menjadi pemilik perusahaan besar guna menjalankan program dan memulai bisnis cara ini. Bertolak belakang dengan konsep wirausaha secara umum. Anda juga tidak perlu beradu nasib dengan membeli produk lalu kita  jual kembali dengan harga yang tak pasti hanya untuk mendapatkan keuntungan. Viral marketing benar-benar 100% bebas resiko dan tidak perlu menjual. Di viral marketing anda juga tidak dituntut harus benar-benar pintar dan kreatif layaknya sang inovator karena memang sebenarnya anda tidak melakukan penjualan apapun. Konsep penjualan viral marketing yang bersandar pada kebiasaan seseorang untuk mempercayai saran dari orang yang telah dikenalnya, juga juga dapat dimanfaatkan dalam online marketing. Seseorang bisa mengirimkan berbagai penawaran produknya kepada jaringan  teman dan relasinya melalui e-mail. Hal ini juga tentu sangat menghemat waktu, tenaga dan biaya bila dibandingkan dia harus berkeliling. Pada waktu ia mengirimkan penawaran tersebut, ia tidak perlu membeli stok barang yang dimaksud, tentu saja hal ini memperkecil resikonya sebagai pengusaha. Tanpa disadari orang dalam contoh diatas telah melaksanakan viral marketing secara online.
     Bayangkan bila konsep yang sama dilakukan oleh sebuah perusahaan besar. Berapa besar penghematan yang bisa didapatkan dari melakukan sistem promosi semacam ini. Biaya hasil penghematan tersebut dapat dialihkan  untuk melakukan investasi dan pengembangan di bidang lain.

---------------
Sumber : Computer Easy.

No comments: