Friday, October 9, 2009

SUKSES BERBISNIS

Tujuan utama seseorang terjun ke dunia bisnis adalah kebebasan financial dan waktu. Untuk berhasil dalam berbisnis tentu diperlukan tips cerdas selain tentunya doa. Berikut beberapa tips yang sekiranya dapat dilakukan.

Bekerja lebih cerdas. Jadi bukan berapa banyak yang dikerjakan tetapi apa yang dikerjakan dan seberapa baik anda melakukannya. Ada banyak cara menjalankan bisnis tanpa anda harus menyiksa diri dengan banting tulang dan peras keringat.

Ketepatan adalah hal utama, setelah itu ciptakan momentum. Tidak setiap saat kita memperoleh kesempatan kedua, oleh karena itu penting melaksanakan sesuatu secara benar dalam kesempatan pertama. Jadi lebih baik memperkenalkan produk kita secara hati-hati dan seksama. Jangan terburu-buru karena nantinya ddapat menyesal.

Temukan bidang yang cocok. Jadilah seorang ahli dibidang yang digeluti. Lakukan segala sesuatunya dengan senang hati, sungguh-sungguh dan terbaik.

Terus meningkatkan kualitas. Secara perlahan dan pasti kita harus selalu meningkatkan kualitas produk dan layanan yang dimiliki.

Kreatif. Adopsi dan terapkan berbagai teknik inovasi diluar bidang yang digeluti. Jadi tetap bumbata atau bungan mata dan telinga terhadap sekeliling kita.

Dengarkan setiap kebutuhan pelanggan kita. Keberhasilan datang pada saat kita memberikan apa yang diinginkan pelanggan. Datangi dan ajak pelanggankita untuk mengetahui apa yang diinginkan mereka. Jual solusi, bukan hanya produk.

Rencanakan keberhasilan. Kita harus tahu kemana kita akan pergi dan bagaimana cara mencapai hal tersebut. Terlalu banyak pengusaha yang disibukkan oleh pekerjaan harian tanpa memiliki rencana jangka panjang bagi bisnisnya. Putuskan akan dibawa kemana perusahaan kita dalam jangka waktu dua, tiga atau lima tahun kedepan. Rencanakan aksi untuk meraihnya.

Ambil keuntungan dari perubahan. Perubahan dalam pasar yang kita geluti menjadi sesuatu yang tak terelakkan. Oleh karena itu ambil keuntungan darinya. Jadilah pemimpin dalam perubahan di pasar yang digeluti. Lebih baik salah dalam mencoba hal yang baru daripada hanya menjadi pengikut ide perubahan orang lain.

Berfikirlah sebelum bertindak. Hal yang bodoh dan tidak efeisen melakukan sesuatu yang seharusnya tidak perlu dilakukan.

Selalu menjanjikan hal lebih terhadap pelanggan. Cobalah menyediakan segala sesuatunya melebihi harapan dari pelanggan kita. Berilah berbagai ekstra yang tak dapat mereka peroleh selain di produk dan layanan kita. Sebab pelanggan, nantinya, akan selalu menigngat apa yang telah kita lakukan terhadap mereka.

No comments: